RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Al Wahyu
Mata Pelajaran : Menangani Surat / Dokumen Kantor
Kelas / Semester : XI / III
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : 26 x 50 menit
Standar Kompetensi : Menangani Surat / dokumen kantor
Kompetensi Dasar : 1. Mengidentifikasi Jenis-Jenis surat / dokumen
Indikator : 1. Jenis-jenis surat / dokumen kantor dapat diidentifikasi
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi siswa dapat
- Menjelaskan jenis-jenis surat / dokumen kantor
II. Materi Ajar
Jenis-jenis surat / dokumen kantor
- Surat masuk
- Surat keluar
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
Presentasi
Tanya jawab
Pemberian tugas
CTL
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
a. Kegiatan Awal
Guru mengarahkan proses pengkajian materi
Menyampaikan tujuan kompetensi & cangkupan materi yang akan dipelajari
Menyampaikan aturan penilaian ketuntasan belajar
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Peserta didik mencari informasi dari berbagai sumber tentang materi yang akan dipelajari
Peserta didik aktif mencari informasi dari berbagai sumber seperti modul, buku pelajaran, internet
Peserta didik & Guru, mengolah informasi yang telah didapat dari berbagai sumber
Siswa menganalisa informasi & menghubungkan dengan kenyataan yang diketahui
Siswa menyiapkan bahan kebutuhan yang diperlukan
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan instruksi guru
Elaborasi
Peserta didik mendiskusikan jenis-jenis surat / dokumen
Peseta didik mempresantasikan hasil diskusi didepan kelas
Siwa menanggapi presentasi kelompok
Siswa mengerjakan bahan tulis dibuku latihan
Konfirmasi
Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil latihan, diskusi dan presentasi siswa
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dari hasil kerja siswa
Peserta didik dapat berkesempatan mengerjakan latihan, baik mengulang, melanjutkan, setelah dinilai oleh Guru
c. Kegiatan Akhir
1. Evaluasi
2. Bersama-sama peserta didik membuat rangkuman atas materi yang telah dipelajari
3. Pemberian tugas untuk mempersiapkan materi berikutnya
V. Bahan/ Alat/ Sumber belajar
- White board, spidol
- Laptop, LCD
- Modul Adm. Perkantoran LKS Dra. Indrastuti, CV Bina Pustaka
- Adm. Perkantoran, PT Galaxy
- Berbagai dokumen
VI. Penilaian
1. Soal
Jenis test : Tertulis
Bentuk : Uraian
Jumlah : 5
CONTOH SOAL-SOAL
1. Sebutkan macam-macam kegunaan dari surat!
2. Jelaskan pengertian surat!
3. Sebutkan macam-macam penggolongan surat!
4. Sebutkan penggolongan surat menurut jenisnya!
5. Sebutkan penggolongan surat menurut wujutnya!
KUNCI JAWABAN
1. Macam-macam kegunaan surat adalah:
- Sebagai alaat bukti tertulis
- Sebagai pengingat/berfikir
- Sebagai duta/wakil dari perusahaan
- Sebagai barometer perusahaan
- Sebagai dokumentasi historis
2. Surat adalah alat komunikasi untuk menyampaikan berita/informasi/ pesan secara tertulis
3. Macam-macam penggolongan surat adalah:
- Penggolongan menurut sifatnya
- Penggolongan menurut wujutnya
- Penggolongan menurut keamanan isinya
- Penggolongan menurut proses penyelesaiannya
- Penggolongan menurut Dinas Pos
4. Penggolongan surat menurut jenisnya adalah:
- Surat pribadi
- Surat dinas
- Surat sosial
- Surat niaga
5. Penggolongan surat menurut wujutnya adalah:
- Surat biasa
- Surat memo
- Surat telegram/ Surat kawat
- Kartu Pos
2. Pedoman Penilaian
No. Soal Score Maksimal Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
2
2
2
2
2
Total Score 10
Jakarta, .....................................
Mengetahui,
Kepala SMK Al Wahyu Guru Mata Pelajaran
Triwahjono, S.E. Hj. Suwartinah, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Al Wahyu
Mata Pelajaran : Menangani Surat / Dokumen Kantor
Kelas / Semester : XI / III
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : 26 x 50 menit
Standar Kompetensi : Menangani surat / dokumen kantor
Kompetensi Dasar : 2. Memproses surat / dokumen
Indikator : 1. Bahan & alat dalam pemrosesan surat / dokumen kantor dapat disiapkan
2. Azas penanganan surat / dokumen dapat dijelaskan
3. Surat / dokumen kantor dapat diproses
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi siswa dapat
1. Berlatih menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam pemrosesan surat / dokumen kantor
2. Menjelaskan azas penanganan surat / dokumen
3. Mempraktikan proses penanganan surat / dokumen
II. Materi Ajar
a. Bahan & peralatan yang dibutuhkan dalam pemrosesan surat / dokumen kantor
b. Azas penanganan surat / dokumen :
Sentralisasi
Desentralisasi
c. Prosedur surat / dokumen kantor :
Surat masuk
Surat keluar
III. Metode Pembelajaran
• Diskusi
• Presentasi
• Praktek
• Tanya jawab
• Pemberian tugas
• CTL
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
a. Kegiatan Awal
Guru mengarahkan proses pengkajian materi
Menyampaikan tujuan kompetensi & cakupan materi yang akan dipelajari
Menyampaikan aturan penilaian ketuntasan belajar
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai sumber tentang materi yang akan dipelajari
Peserta didik aktif mencari informasi dari berbagai sumber seperti modul, buku pelajaran, internet
Peserta didik & Guru, mengolah informasi yang telah didapat dari berbagai sumber
Siswa menganalisa informasi & menghubungkan dengan kenyataan yang diketahui
Siswa menyiapkan bahan kebutuhan yang diperlukan
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan instruksi guru
Elaborasi
Peserta didik mempersiapkan bahan & peralatan yang dibutuhkan atas penanganan surat / dokumen
Peseta didik mempresantasikan hasil diskusi didepan kelas
Siwa menanggapi presentasi kelompok
Siswa mengerjakan bahan tulis dibuku latihan
Konfirmasi
Guru mengecek sejauh mana pemahaman peserta didik melalui hasil latihan tertulis
Guru memberikan umpan balik kepada hasil kerja siswa
Peserta didik dapat berkesempatan mengerjakan latihan, baik mengulang, melanjutkan, setelah dinilai oleh Guru
c. Kegiatan Akhir
1. Evaluasi
2. Bersama-sama peserta didik membuat rangkuman atas materi yang telah dipelajari
3. Pemberian tugas untuk mempersiapkan materi berikutnya
Pertemuan ke
a. Kegiatan Awal
Guru mengarahkan proses pengkajian materi
Menyampaikan tujuan kompetensi & cangkupan materi yang akan dipelajari
Guru menanyakan materi sebelumnya
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Peserta didik mencari informasi dari berbagai sumber tentang materi yang akan dipelajari
Peserta didik aktif mencari informasi dari berbagai sumber seperti modul, buku pelajaran, internet
Peserta didik & Guru, mengolah informasi yang telah didapat dari berbagai sumber
Siswa menganalisa informasi & menghubungkan dengan kenyataan yang diketahui
Siswa menyiapkan bahan kebutuhan yang diperlukan
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan instruksi guru
Elaborasi
Peserta didik mempraktekkan proses penanganan surat / dokumen
Peseta didik mempresantasikan hasil diskusi didepan kelas
Siwa menanggapi presentasi kelompok
Siswa mengerjakan bahan tulis dibuku latihan
Konfirmasi
Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil latihan, diskusi dan presentasi siswa
Guru memberikan umpan balik dan penguatan dari hasil kerja siswa
Peserta didik dapat berkesempatan mengerjakan latihan, baik mengulang, melanjutkan, setelah dinilai oleh Guru
c. Kegiatan Akhir
1. Evaluasi
2. Bersama-sama peserta didik membuat rangkuman atas materi yang telah dipelajari
3. Pemberian tugas untuk mempersiapkan materi berikutnya
V. Bahan/ Alat/ Sumber belajar
White board, spidol
Laptop, LCD
Modul Adm. Perkantoran Perkantoran LKS Dra. Indrastuti, CV Bina Pustaka
Adm. Perkantoran, PT Galaxy
Snalhecter, Perforator, garisan
Kertas Folio, Surat-surat
Buku agenda, stempel, lembar disposisi
VI. Penilaian
1. Soal
a. Praktek mengagendakan surat masuk surat keluar
b. Jenis test : Tertulis
c. Bentuk : Uraian
d. Jumlah : 5
2. Pedoman Penilaian
No. Soal Score Maksimal Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
2
2
2
2
2
Total Score 10
Jakarta, .....................................
Mengetahui,
Kepala SMK Al Wahyu Guru Mata Pelajaran
Triwahjono, S.E. Hj. Suwartinah, S.Pd.
SOAL-SOAL
1. Di dalam pengurusan surat masuk surat keluar dapat dilakukan dengan menggunakan dua sistem, sebutkan!
2. Sebutkan prosedur pengurusan surat masuk sistem Buku Agenda !
3. Sebutkan prosedur pengurusan surat keluar sistem Buku Agenda !
4. Sebutkan tiga macam buku agenda dan jelaskan!
5. Sebutkan macam-macam alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pengagendaan!
KUNCI JAWABAN
1. Ada dua sistem dalam pengurusan suraat masuk surat keluar yaitu:
- Sistem buku Agenda
- Sistem kartu kendali
2. Prosedur pengurusan surat masuk sistem Buku Agenda !
- Penerimaan surat
- Penyortiran surat
- Pembukaan sampul surat
- Pemberian tanggal dan pemeriksaan lampiran
- Membaca, Memberi garis Bawah dan Membuat Catatan Penting atau Memberi Tanda
- Pengagendaan surat
- Pengarahan surat masuk
- Pengggandaan surat masuk
- Pendistribusian/penyampaian surat masuk
- Penyimpanan surat
3. Prosedur pengurusan surat keluar sistem Buku Agenda !
- Persiapan
- Pembuatan Konsep surat
- Persetujuan konsep surat
- Mengagendakan surat
- Pengetikan konsep surat
- Pemeriksaan surat
- Penandatanganan surat
- Pemberian Cap Dinas
- Melipat surat
- Penyampulan surat
- Pendistribusian/penyampaian surat
- Penyimpanan surat dengan sistem tertentu
4. Macam-macam buku agenda yaitu:
a. Buku agenda Tunggal adalah buku agenda yang dipergunakan untuk mencatat surat masuk dan surat keluar sekaligus dengan nomor yang berurutan (campuran) pada tiap-tiap halaman untuk satu halaman
b. Buku agenda Kembar adalah buku agenda yang dipergunakan untuk mencatat surat masuk dalam satu buku dan satu buku lagi untuk surat keluar
c. Buku agenda Berpasangan adalah buku agenda yang dipergunakan untuk mencatat surat masuk dan surat keluar dalam satu buku, dimana halaman kanan untuk surat masuk dan halaman kiri untuk surat keluar
5. Macam-macam alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pengagendaan!
- Snalhacter
- Perforator
- Garisan
- Pulpen
- Pensil
- Surat-surat yang akan diagendakan
- Folio
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Al Wahyu
Mata Pelajaran : Menangani Surat / Dokumen Kantor
Kelas / Semester : XI / II
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : 26 x 50 menit
Standar Kompetensi : Menangani Surat / dokumen kantor
Kompetensi Dasar : 3. Mendistribusikan surat / dokumen
Indikator : 1. Memilih jenis pendistribusian dokumen
2. Menyiapkan dokumen pendistribusian surat / dokumen
3. Surat / dokumen dapat didistribusikan
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi siswa dapat
1. Mempraktekkan jenis pendistribusian dokumen
2. Menyiapkan dokumen pendistribusian dokumen
3. Mendistribusikan surat / dokumen
II. Materi Ajar
a. Jenis pendistribusian dokumen :
Internal
External
b. Menyiapkan dokumen pendistribusian surat / dokumen
c. Mendistribusikan surat / dokumen
III. Metode Pembelajaran
• Diskusi
• Presentasi
• Praktek
• Tanya jawab
• Pemberian tugas
• CTL
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
a. Kegiatan Awal
Guru mengarahkan proses pengkajian materi
Menyampaikan tujuan kompetensi & cangkupan materi yang akan dipelajari
Menyampaikan aturan penilaian ketuntasan belajar
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai sumber tentang materi yang akan dipelajari
Peserta didik aktif mencari informasi dari berbagai sumber seperti modul, buku pelajaran, internet
Peserta didik & Guru, mengolah informasi yang telah didapat dari berbagai sumber
Siswa menganalisa informasi & menghubungkan dengan kenyataan yang diketahui
Siswa menyiapkan bahan kebutuhan yang diperlukan
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan instruksi guru
Elaborasi
Peserta didik mempraktekkan jenis pendistribusian dokumen, menyiapkan dokumen pendistribusian surat/dokumen, mendistribusikan surat/dokumen
Peseta didik mempresantasikan hasil diskusi didepan kelas
Siwa menanggapi presentasi kelompok
Siswa mengerjakan bahan tulis dibuku latihan
Konfirmasi
Guru mengecek sejauh mana pemahaman peserta didik melalui hasil latihan tertulis
Guru memberikan umpan balik kepada hasil kerja siswa
Peserta didik dapat berkesempatan mengerjakan latihan, baik mengulang, melanjutkan, setelah dinilai oleh Guru
c. Kegiatan Akhir
1. Evaluasi
2. Bersama-sama peserta didik membuat rangkuman atas materi yang telah dipelajari
3. Pemberian tugas untuk mempersiapkan materi berikutnya
V. Bahan/ Alat/ Sumber belajar
White board, spidol
Laptop, LCD
Modul Adm. Perkantoran LKS Dra. Indrastuti, CV Bina Pustaka
Adm. Perkantoran, PT Galaxy
Buku ekspedisi
Buku-buku yang relevan
VI. Penilaian
1. Soal
a. Jenis test : Tertulis
b. Bentuk : Uraian
c. Jumlah : 5
2. Pedoman Penilaian
No. Soal Score Maksimal Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
2
2
2
2
2
Total Score 10
Jakarta, .....................................
Mengetahui,
Kepala SMK Al Wahyu Guru Mata Pelajaran
Triwahjono, S.E. Hj. Suwartinah, S.Pd.
SOAL-SOAL
1. Apa yang akan kamu lakukan dalam menangani surat yang harus tiba pada hari yang sama!
2. Berdasarkan Classes of mail, pengiriman surat dapat dibedakan menjadi 4 sebutkan!
3. Pengiriman surat secara elektronik ada 3 macam sebutkan dan jelaskan!
4. Special mail service ada 8, sebutkan minimal 4!
5. Sebutkan dua macam buku expedisi dan jelaskan!
KUNCI JAWABAN
1. Dalam menangani surat yang harus tiba pada hari yang sama, yaitu dengan memakai jasa pengiriman yang paling tepat dan yang dianggap terbaik, yaitu berdasarkan class mail, memakai jasa special mail service, secara elektronik, serta memakai jasa Kurir
2. Berdasarkan Classes of mail, pengiriman surat dapat dibedakan menjadi 4 yaitu:
- First Class ( Kelas I)
- Second Class (Kelas II)
- Third Class (Kelas III)
- Fourth Class (Kelas IV)
3. Pengiriman surat secara elektronik ada 3 macam yaitu:
a. Mesin Faximile adalah: Mesin yang digunakan untuk mengirimkan berita berupa tulisan atau gambar melalui tetepon
b. E-mail adalah: Surat menyurat melalui internet
c. Telex adalah: Mesin untuk mengirimkan pesan / informasi melalui mesin teletypewriter
4. Special mail service ada 8, sebutkan minimal 4!
- Express Mail
- Registered Mail (tercatat)
- Insured Mail
- Special Delivery
- Private courier service
- Priority Mail
5. Buku expedisi ada dua yaitu:
a. Buku expedisi Intern adalah: Buku yang dipakai untuk mencatat bukti bahwa penyampaian surat pada masing-masing bagian di dalam perusahaan
b. Buku expedisi extern adalah: Buku yang di pakai untuk mencatat bukti bahwa surat sudah diterima oleh pihak perusahaan yang dituju
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Al Wahyu
Mata Pelajaran : Menangani Surat / Dokumen Kantor
Kelas / Semester : XI / IV
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : 26 x 50 menit
Standar Kompetensi : Menangani surat / dokumen kantor
Kompetensi Dasar : 4. Memproses E-mail
Indikator : 1. Mengirim e-mail
2. Menerima e-mail
3. Memproses e-mail
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi siswa dapat
1. Mempraktekkan mengirim e-mail
2. Mempraktekkan menerima e-mail
3. Mempraktekkan memproses e-mail
II. Materi Ajar
a. Tata cara mengirim surat / dokumen via e-mail
b. Tata Cara menerima dokumen via e-mail
c. Prosedur pengiriman / penerimaan surat / dokumen melalui e-mail
III. Metode Pembelajaran
• Diskusi
• Presentasi
• Praktek
• Tanya jawab
• Pemberian tugas
• CTL
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
a. Kegiatan Awal
Guru mengarahkan proses pengkajian materi
Menyampaikan tujuan kompetensi & cakupan materi yang akan dipelajari
Menyampaikan aturan penilaian ketuntasan belajar
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari informasi dari berbagai sumber tentang materi yang akan dipelajari
Peserta didik aktif mencari informasi dari berbagai sumber seperti modul, buku pelajaran, internet
Peserta didik & Guru, mengolah informasi yang telah didapat dari berbagai sumber
Siswa menganalisa informasi & menghubungkan dengan kenyataan yang diketahui
Siswa menyiapkan bahan kebutuhan yang diperlukan
Siswa membentuk kelompok sesuai dengan instruksi guru
Elaborasi
Peserta didik mempraktekkan tentang mengirim e-mail, menerima e-mail, memproses e-mail
Peseta didik mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
Siwa menanggapi presentasi kelompok
Siswa mengerjakan bahan tulis dibuku latihan
Konfirmasi
Guru mengecek sejauh mana pemahaman peserta didik melalui hasil latihan tertulis dan praktek langsung
Guru memberikan umpan balik kepada hasil kerja siswa
Peserta didik dapat berkesempatan mengerjakan latihan, baik mengulang, melanjutkan, setelah dinilai oleh Guru
c. Kegiatan Akhir
1. Evaluasi
2. Bersama-sama peserta didik membuat rangkuman atas materi yang telah dipelajari
3. Pemberian tugas untuk mempersiapkan materi berikutnya
V. Bahan/ Alat/ Sumber belajar
White board, spidol
Laptop, LCD
Modul Adm. Perkantoran LKS Dra. Indrastuti, CV Bina Pustaka
Adm. Perkantoran, PT Galaxy
Internet
Komputer
VI. Penilaian
1. Soal dan Tugas
a. Tugas mengirim e-mail ke e-mail guru bidang study
b. Jenis test : Tertulis
c. Bentuk : Uraian
d. Jumlah : 5
2. Pedoman Penilaian
No. Soal Score Maksimal Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
2
2
2
2
2
Total Score 10
Jakarta, .....................................
Mengetahui,
Kepala SMK Al Wahyu Guru Mata Pelajaran
Triwahjono, S.E. Hj. Suwartinah, S.Pd.
SOAL-SOAL
1. Jelaskan bagaimana cara mengirim e-mail?
2.. Jelaskan bagaimana cara menghapus e-mail?
3. Jelaskan bagaimana cara mencetak e-mail?
4. Apa yang dimaksud dengan e-mail? dan singkatan apa e-mail itu?
5. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengirim e-mail?
KUNCI JAWABAN
1. Mengirim e-mail dengan yahoo:
Buka internet
Pada kotak ketik http:/www.yahoo.com, kemudian enter
Maka keluar homepage yahoo
Klick check Mail, maka akan keluar
Yahoo ID: ketik alamat e-mail kita
Password: ketik password kita
Kemudian klik Sign In
Klik compose, kemudian isi kotak-kotak:
To: Ketik alamat e-mail yang dituju
Subyek: Ketik tema surat yang akan dikirimkan
Setelah di isi dan surat telah di buat maka Klik Send
Setelah selesai tutup e-mail dengn mengklik Sign Out
2. Menghapus e-mail dengan G-mail :
Buka internet
Buka e-mail/ klik G-mail
Tulis nama e-mail kita
Tulis password kita
Setelah masuk ke inbox, maka nama-nama e-mail akan ditampilkan
Lalu nama-nama e-mail tersebut di tandai dengan checklist lalu klik delete
Tutup kembali e-mail dengan mengklik Sign Out
3. Mencetak E-mail:
Buka e-mail yang akan dicetak
Setelah isi e-mail terbuka, simpanlah ke disket dengan mengklik menu File
yang terdapat pada toolbar Internet explorer, kemudian klik Save As
Setelah disimpan, tutuplah internet (sedangkan Internet explorer tetap
terbuka
Hidupkan printer dan masukkan kertas
Klik menu file
Klik print
Setelah selesai keluar dengan mengklik Sign Out
4. E-mail singkatan dari Elektronik mail yaitu surat menyurat melalui internet
5. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengirim e-mail yaitu;
- Daftar distribusi dipersiapkan sesuai prosedur perusahaan
- Isi e-mail harus benar-benar siteliti keakuratannya dengan cara di cek nama pimpinan, sekretarisnya juga pegawai lainnya
- Surat dicatat dan di kirim sesuai prosedur perusahaan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar