Kamis, 07 April 2011

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

System informasi manajemen (SIM)

Sistem informasi manajemen (SIM) (management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian inernal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia,dokumen dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.



Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:

* Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
* Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
* Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :

* Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
* Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
* Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.

SIA terdiri dari 3 subsistem:

* Sistem pemrosesan transaksi

mendukung proses operasi bisnis harian.

* Sistem buku besar/ pelaporan keuangan

menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.

* Sistem pelaporan manajemen

yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.

Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen memproses berbagai transaksi non-keuangan yang tidak bisa diproses oleh SIA biasa.

Cara Kerja

Untuk memahami bagaimana SIA bekerja, perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :

* Bagaimana mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi?
* Bagaimana mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi?
* Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?

Manfaat

Sebuah SIA menambah nilai dengan cara:

* Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
* Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
* Meningkatkan efisiensi
* Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
* Meningkatkan sharing knowledge
* menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

I. KONSEP SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN SIMP

SIMP sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan menafsirkan keadaan atau perkembangan aspek-aspek pendidikan berdasar data empiris yang berkonsep.

sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian) dalam organisasi.

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan keputusan bidang pendidikan. Data-data tersebut adalah data empiris atau data/fakta sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Sistem informasi manajemen dan sistem informasi manajemen pendidikan terdiri atas empat sistem, yaitu: sistem informasi pemasaran jasa , keuangan, SDM, dan sistem operasi dalam pendidikan.

Dalam menghadapi globalisasi, sistem informasi semakin dibutuhkan oleh lembaga pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kelancaran aliran informasi dalam lembaga pendidikan, kontrol kualitas, dan menciptakan aliansi atau kerja sama dengan pihak lain yang dapat meningkatkan nilai lembaga pendidikan tersebut.



System informasi manajemen pendidikan (SIMP)

II. RANCANGBANGUN SIMP TENTANG SISWA DAN LULUSAN DISUATU DAERAH TERTENTU

Rancangbangun SIMP tentang Siswa dan Lulusan pada suatu sekolah berisikan tentang bagaimana data yang menjadi informasi tentang siswa dan kelulusan itu didesain dan dibangun.

Data-data tersebut umumnya terdiri atas Jumlah Siswa dan Rombongan Belajar, Jumlah siswa baru yang diterima dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB), dan juga penelusuran tentang kelulusannya; tentang berapa jumlah siswa yang telah bekerja, sebagai PNS, Pegawai Swasta, Wiraswasta, melanjutkan belajar , belum bekerja maupun yang tidak diketahui.

Semua data tersebut kemudian dihitung, diolah, dikelompokkan dan selanjutnya dianalisis. Setelah melalui proses pengolahan informasi tersebut data tersebut dapat disajikan kepada pimpinan sekolah, dinas pendidikan, masyarakat/publik, sebagai bahan bagi mereka dalam mengambil keputusan pendidikan.

Penyajian atau publikasi data yang telah menjadi informasi tersebut dapat dilakukan dengan cara; manual (paper) maupun dengan teknologi informasi (audio, visual maupun jaringan/ Website sekolah).

1. Contoh Tabel informasi tentang Jumlah Siswa dan rombongan belajar

No.


Jenis Kelas


Kelas dan Jumlah


Jumlah

Kelas X


Kelas XI


Kelas XII


Rombel


Siswa

Rombel


Siswa


Rombel


Siswa


Rombel


Siswa

4.


Reguler


11


415


9


358


9


307


29


1073

1. Contoh Tabel informasi tentang penelusuran lulusan

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH


DATA PENELUSURAN TAMATAN SISWA


SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI


TAHUN PELAJARAN 2008/2009


NO


TAHUN


AKTIVITAS TAMATAN/


31 Agustus 2008

KELULUSAN


LULUSAN


AP


TBg


TK


TBs


Jml


Jml


Jml


Jml

1


2008/2009


1. PNS


0


0


0


0


2. Pegawai Swasta


4


8


5


14


3. Wiraswasta


0


7


0


0


4. Melanjutkan Belajar


20


27


17


32


5. Belum Bekerja


5


16


9


16


6. Tidak diketahu


0


0


0


6

III. RANCANGBANGUN SIMP TENTANG GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA SMKN 4 KOTA JAMBI

Rancangbangun SIMP tentang Guru dan Tenaga Kependidikan pada suatu sekolah berisikan tentang bagaimana data yang menjadi informasi tentang guru dan tenaga kependidikan itu didesain dan dibangun.

Data-data tersebut umumnya terdiri atas :

(1) Data Tenaga Pendidik (guru) berdasarkan ;

- Status (Guru Tetap, Guru honor, Guru DPK, Guru Bantu/PTT)

- Tingkat / Jenjang pendidikan (Diploma, Strata 1, dan Strata 2)

- Golongan/ Kepangkatan (Golongan II, Golongan III, Golongan IV)

- Usia (kurang dari 35thn, 35thn – 50thn, dan 50 thn – 60thn)

- Jenis Kelamin (jumlah laki-laki dan Perempuan)

- Mata Pelajaran (Kelompok Normatif, Adaptif dan Produktif)

(2) Data Tenaga Kependidikan (Tata Usaha) berdasarkan;

- Kelompok (Tenaga Administrasi, Teknis Keuangan, Teknis Sarana)

- Tingkat/ Jenjang Pendidikan ( SLTA, Diploma, S1)

- Usia ( Kurang dari 35thn, 35thn-50thn, 51thn – 56thn)

- Jenis Kelamin (Jumlah laki-laki dan Perempuan)

- Tugas (Administrasi, Perpustakaan, laboratorium, Keamanan, kebersihan/ Pembantu pelaksana)

(3) Pengembangan Mutu dan Karir tenaga Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Pegawai)

- Peningkatan Kualifikasi Akademik ( Beasiswa Penjenjangan S1 dan S2, Talent Scouting Kepsek, Sertifikasi)

- Peningkatan Kompetensi (Kursus Bahasa / Administrasi, Tes TOEIC, Diklat Bidang Keahlian/ Pengembangan diri/Perpustakaan, On Job Training).

Data-data tersebut diatas diolah dan kemudian disajikan dalam bentuk informasi lengkap ,baik secara manual (paper) maupun Jaringan (melalui web sekolah), dan diharapkan dapat dijadikan sumber dalam pengambilan keputusan pendidikan.

IV. RANCANGBANGUN SIMP TENTANG SARANA DAN FASILITAS PENDIDIKAN

Rancangbangun SIMP tentang Sarana dan Fasilitas pada suatu sekolah berisikan tentang bagaimana data yang menjadi informasi tentang sarana dan fasilitas itu didesain dan dibangun.

Data-data tersebut umumnya terdiri atas:

(1) Sumber Belajar

- Luas Area dan Bangunan (Lahan bangunan dan Tanpa bangunan)

- Status Kepemilikan (Pemerintah)

- Ruang Belajar meliputi :

Teori, Sanggar, Praktek, Media/ Pusat sumber belajar/ Ruang audio visual, Ruang Olah raga indoor dan Outdoor, Rumah kaca, Buku perpustakaan, Alat peraga/ alat bantu pembelajaran, alat praktik, media pendidikan, software.

(2) Sarana Penunjang (Ruangan belajar, Tata usaha, Guru, Kepsek, Mushala, Pertemuan, PSG, OSIS, SIM, Dapur UP, Hotel Training, Kafetaria, Gudang dsb)

(3) Prasarana/ infrastruktur ( Instalasi air bersih, listrik, telepon,internet-Hotspot, Website sekolah)

(4) Media Komunikasi ( Majalah Dinding, sekolah, koran, jurnal, brosur, CD profil)

Semua data tentang sarana dan fasilitas pendidikan tersebut diinput, diolah dan di kelompokkan untuk kemudian disajikan berupa informasi yang nantinya akan berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan.

V. RANCANGBANGUN SIMP TENTANG BIAYA DAN ANGGARAN PENDIDIKAN

Rancangbangun SIMP tentang biaya dan Anggaran Pendidikan pada suatu sekolah berisikan tentang bagaimana data yang menjadi informasi tentang biaya dan anggaran tersebut didesain dan dibangun. Dalam Rancang bangun tentang biaya dan anggaran, umumnya melalui tiga hal yaitu; perencanaan, pengelolaan , pelaporan (pengawasan dan tindak lanjut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar